5 Cara Memilih Agen Properti Terbaik

Anda hendak menjual apartemen? Bagi Anda yang perfeksionis, pasti ingin jual apartemen Anda sendiri tanpa perantara, karena jelas lebih menguntungkan secara biaya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan semuanya sendiri jelas menguras energi dan waktu.Terlebih jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan tentang cara menjual apartemen yang tepat, bisa-bisa Anda tidak jadi untung, malah rugi.

Oleh karena itu, menggunakan jasa agen properti merupakan solusi terbaik. Dua keuntungan utama menggunakan jasa agen properti yaitu:

  • Pemasaran lebih efektif dan efisien

Agen properti memiliki jaringan marketing yang luas, pemahaman pasar yang baik serta memiliki skill administratif yang mumpuni. Di tangan agen properti, urusan jual apartemen Anda akan menjadi mudah.

  • Legalitas terjamin

Agen properti memiliki kapabilitas tinggi terkait segala hal yang berhubungan dengan dokumen-dokumen. Legalitas penjualan properti Anda akan tertangani dengan baik, seperti sertifikat, balik nama dan lain-lain.

Lantas bagaimanakah langkah-langkah cerdas memilih agen properti yang terbaik, dimana saat ini cukup banyak agen properti yang menawarkan keunggulan masing-masing? Untuk mengetahui sejauh mana kompetensi mereka, berikut adalah bebrapa cara jitunya untuk Anda:

Pengalaman

Pastikan agen properti tersebut memiliki pengalaman jual apartemen selama lebih dari 2 tahun, serta telah lihai dalam menaksir atau memprediksi nilai rumah (appraisal).

Listing

Pastikan broker tersebut memiliki banyak listing saat ini. Dari listing tersebut Anda dapat mengetahui sejauh mana jaringan atau pasar transaksi agen properti tersebut.

Team

Pastikan agen property pilihan Anda memiliki team yang kuat dalam menangani listing apartemen Anda. dengan memiliki sebuah team atau partner maka hal tersebut adalah nilai lebih karena mereka dapat membagi tugas dan tidak akan kewalahan menangani penjualan apartemen Anda.

Background pendidikan

Setidaknya agen properti yang akan menangani penjualan apartemen Anda haruslah memiliki pendidikan yang tinggi, dimana mereka akan menangani transaksi properti senilai ratusan juta. Biasanya agen properti terbaik bergelar sarjana atau magister hukum, MBA, master dalam pengembangan real estate dan sebagainya.

Rencana pemasaran

Tidak semua agen properti akan memberikan rencana pemasaran jual apartemen sebelum Anda dan mereka menandatangani perjanjian. Sebaiknya Anda memilih broker yang berani memberikan planning marketing mereka dari awal, sehingga di tengah perjalanan Anda dapat mengikuti alur kerja mereka dengan baik.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS