5 Strategi Bisnis Baru Untuk Tahun Baru

Kita sudah berada di ujung tahun 2019, jadi hal ini merupakan momen penting dimana kita merefleksikan apa saja yang telah kita lakukan di tahun ini. Tentu saja dengan refleksi tersebut kita bisa menghadapi tahun 2016 dengan perjuangan yang keras.

Berikut ini adalah 5 strategi cerdas yang dapat anda lakukan untuk bisnis anda di tahun 2016 :

Kurangi Pemasaran

Jangan salah paham dengan apa yang saya maksud. Tetapi apa yang saya maksud adalah fokus. Fokus dalam artian anda tidak menggerus program marketing yang begitu banyak dan memboroskan budget pemasaran untuk hal-hal yang tidak perlu.

Kita bisa melakukan seleksi dengan lebih cermat terhadap pangsa pasar yang akan kita tuju. Pemetaan pangsa pasar lebih matang akan menghemat biaya-biaya yang tidak perlu untuk dikeluarkan. Tipsnya adalah pilihlah satu tujuan yang benar-benar spesifik. Misalnya anda secara khusus mentargetkan pangsa pasar di bidang pengguna mainan anak-anak. Kemudian anda memilih website dan blog sebagai media pemasaran yang paling tepat. Sehingga memudahkan anda untuk memfokuskan pekerjaan-pekerjaan anda.

Fokus pada Subscribers

Anda bisa membuat sebuah konten website dan blog yang mudah diprediksi oleh orang. Mudah diprediksi dalam artian bahwa banyak sekali orang yang akan mencari kata kunci artikel yang ada di website atau blog anda. Harus dibedakan bahwa menulis konten untuk kebutuhan bisnis dan pribadi. Menulis konten untuk bisnis didasarkan pada kebutuhan masyarakat bukan hanya sekedar idealisme.

Distribusi adalah Hal yang Vital

Sebagai orang yang terus ingin membuat konten yang maksimal sebagai landasan program pemasaran anda maka masalah distribusi adalah hal yang vital. Pembuatan konten juga membutuhkan manajemen yang baik. Berfokus pada pelanggan dan konsumen merupakan suatu cara untuk membangun momentum yang tepat bagi para konsumen. Penelitian yang dilakukan oleh Content Marketing Institute dan MarketingProfs menemukan bahwa pemasaran B2B rata-rata menggunakan 3 buah metode pemasaran. Diantaranya adalah SEO, iklan banner, media cetak, social ads, dan promote post untuk memperkuat konten yang mereka hasilkan.

Salah satu platform media sosial yang bisa digunakan sebagai pendistribusian konten-konten adalah Slack. Slack memungkinkan pemasaran bagi kalangan yang spesifik (niche). Berbeda halnya dengan media sosial lainnya yang terlalu luas cakupannya. Dengan Slack misalnya, channel distribusi bisa langsung tepat sasaran karena kita bisa membuat group-group di dalamnya.

Go Mobile

Tidak bisa disangkal lagi bahwa pada tahun berikutnya gap antara situs yang dioptimasi khusus untuk mobile phone akan lebih besar dibandingkan dengan situs yang tidak mengoptimasi mobile phone. Optimasi untuk mobile phone memiliki peranan yang sangat penting apabila Rekan Indopreneurs ingin menjual apapun secara online. Walaupun demikian sebuah penelitian yang dilakukan oleh DirectBuy menunjukkan bahwa 52% pengguna smartphone dan tablet menggunakan mobile phone saat sedang berada di kantor. Hal ini menimbulkan efek negatif terhadap bisnis orang lain. Sudah saatnya anda menggunakan Jasa SEO Profesional

Diperkirakan pada tahun 2020, pengalaman pengguna diprediksi akan menjadi faktor terpenting dalam kompetisi dari masing-masing brand dibandingkan dengan sekedar faktor harga dan produk. 

5 Strategi Bisnis Baru Untuk Tahun Baru

Saat ini hampir semua online marketer menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, YouTube, Blogspot, WordPress, SlideShare, email Newsletter dan lain sebagainya untuk menunjang omset bisnis mereka. Ada baiknya kita berpikir kembali sejenak apakah semua tools yang telah kita gunakan tetap perlu kita pertahankan? Atau penggunaan tools yang berlebihan justru menganggu anda? Atau kita sebaiknya memilih beberapa tools andalan saja untuk menghasilkan omset yang lebih besar? Juga perlu untuk dipertimbangkan bagaimana anda membagikan pesan pada marketing tools yang digunakan untuk membuat performa menjadi stabil.

Beberapa metode lain yang bisa menjadi pilihan sebagai marketing tools antara lain adalah button text, call-to-action text, placement, writing & tone of voice. Dengan melakukan pendekatan ini profitabilitas yang anda inginkan bisa melonjak dengan tajam. 

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS