3 Jenis Umum Konstruksi Bangunan Baja

Baja diketahui memiliki struktur yang tidak dimiliki orang lain dalam hal konstruksi. Daya tahan dan potensi yang diberikan baja tidak sebanding dengan kayu atau beton. Baja semakin umum digunakan dalam konstruksi, dan orang lebih memilih baja karena berbagai kelebihannya. Bangunan baja dibangun dengan menggunakan berbagai kerangka juga, misalnya clear span, modular, single slope dll. Karena fakta bahwa baja jauh lebih mudah dan lebih sedikit memakan waktu dalam konstruksi, bersama dengan banyak faktor lain yang terbukti menguntungkan. , baja, saat ini, telah menjadi cara yang paling dicari untuk membangun gedung.

Bangunan baja diketahui memiliki ketahanan yang lebih tinggi karena kekuatannya, dan konstruksi baja tidak memerlukan biaya sebanyak konstruksi beton atau kayu biasanya. Penting untuk dicatat bahwa ada berbagai keuntungan menggunakan baja daripada kayu dalam konstruksi, dan karena banyaknya tempat yang mulai cenderung menggunakan baja berdasarkan banyak manfaatnya, hal itu menjadi sangat umum. Konstruksi baja juga ramah lingkungan, dan dapat menahan bencana alam seperti gempa bumi. Setelah mengetahui kualitas menguntungkan dari konstruksi bangunan baja ini , mari kita lanjutkan dan telusuri jenis baja yang paling umum digunakan dalam konstruksi.

 

  1. Baja Karbon Biasa atau Baja Ringan

Ini adalah jenis baja yang paling umum digunakan dalam konstruksi bangunan, yang juga dikenal sebagai baja ringan. Ini sangat kuat dan tahan lama, dan memastikan kokoh dibangun. Karena kekuatan yang diberikan baja karbon, baja ini sangat berguna dalam bangunan dan telah terbukti sangat bermanfaat. Tidak retak saat dibengkokkan, sangat fleksibel, ulet dan memiliki plastisitas yang besar, bersama dengan fakta bahwa ia dapat menanggung bencana seperti gempa bumi tanpa menyebabkan keretakan pada baja. Ini adalah faktor baja karbon yang paling menguntungkan. Sebuah bangunan baja hampir tidak pernah rawan runtuh atau hancur dalam bentuk apapun. Itu dapat menahan segala jenis bencana dan cukup kuat agar tidak retak, pada gilirannya mampu menyelamatkan penghuninya. Bahan konstruksi lain mungkin mudah roboh atau rusak, tetapi baja tidak, dan baja karbon sangat kuat untuk mengatasi masalah besar apa pun. Baja karbon rendah terdiri dari sekitar 0,05% -0,25% karbon. Baja jenis ini memiliki dua titik leleh. Baja karbon rendah lebih mudah ditangani karena kemampuannya ditangani oleh dua titik leleh, di mana titik leleh pertama naik sedikit lebih tinggi dari titik leleh kedua yang lebih rendah. Baja ringan memiliki massa jenis 7,85 g / cm3. Karena kemampuan pengelasannya, baja karbon biasa memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, proteksi kebakaran sangat penting dalam sebuah bangunan baja, dan harus dipertimbangkan dengan matang. Selain itu konstruksi baja tidak menimbulkan masalah yang memprihatinkan.

 

  1. Besi Beton

Lebih dikenal sebagai baja tulangan, baja jenis ini digunakan sebagai perangkat tegangan untuk beton bertulang atau struktur pasangan bata bertulang. Itu dibuat dari baja karbon, dengan punggung yang diberikan padanya untuk penahan mekanis dengan cara yang lebih baik pada beton. Ini menahan beton ke dalam kompresi, dan tersedia dalam berbagai jenis kelas, yang biasanya ditemukan dalam spesifikasi yang bervariasi dalam kekuatan luluh, kekuatan tarik vital, komposisi kimia, dan persentase perpanjangan. Ini memberikan perlawanan, daya tahan dan estetika resistensi dengan ketahanan dan kekakuan lokal yang menyebar ke seluruh area yang biasanya tidak dilengkapi dengan jenis baja lain. Baja ini memiliki potensi ekspansi yang sangat besar dan tersedia dalam berbagai ukuran tergantung pada negara dan konstruksinya. Dengan kecenderungannya yang dapat didaur ulang, tulangan terbukti sangat berguna dan memiliki harga jual besi beton polos SNI yang cukup terjangkau. Nilai dan spesifikasi juga memberikan variasi jenis tulangan, misalnya ada kawat baja biasa yang digunakan untuk tulangan beton, selain dari tulangan baja lapis epoksi untuk tulangan, tulangan besi polos dan besi rel baja tulangan cacat, besi baja dan besi lapis besi batangan seng, baja paduan rendah, baja tahan karat, baja axel, baja cacat yang dilas, tikar batang baja cacat fabrikasi, kromium, batang baja karbon rendah dll.

 

  1. Baja Struktural

Bentuk baja struktural dibuat dari jenis baja ini, yang dibentuk dari penampang melintang yang presisi, pada saat yang sama mengikuti standar pasti untuk sifat mekanik dan komposisi kimianya. Baja struktural hadir dalam berbagai bentuk seperti I-Beam, bentuk Z, bentuk HSS, bentuk L (sudut), saluran struktural (balok C, penampang), berbentuk T, Profil rel, batang, batang, pelat, balok terbuka dari web baja dll. Baja struktural standar bervariasi di berbagai negara dengan spesifikasi yang berbeda. Misalnya, European I-beam adalah Euronorm 19-57; baja struktural di Amerika Serikat terdiri dari karbon, paduan rendah, paduan rendah tahan korosi, baja paduan rendah, quenched dan temper, dll. Baja struktural ulet, kuat, tahan lama, dan dapat berubah menjadi hampir semua bentuk berdasarkan konstruksi; itu dapat dibangun segera setelah diterima di lokasi konstruksi. Baja struktural itu sendiri tahan api tetapi proteksi kebakaran harus disediakan jika ada kemungkinan baja itu memanas sampai titik di mana ia mulai kehilangan kekuatannya. Korosi harus dicegah jika menyangkut baja struktural, tetapi gedung-gedung tinggi diketahui dapat bertahan dari berbagai jenis bencana jika dibangun menggunakan baja struktural.

Konstruksi baja semakin populer di seluruh dunia dan setiap wilayah telah diuntungkan karena baja selama bertahun-tahun. Banyak keajaiban arsitektur terbesar telah dibangun melalui penggunaan baja, baik itu struktural, karbon atau tulangan- selain dari semua jenis baja lain yang tersedia untuk konstruksi bangunan. Yang terpenting, penggunaan baja memastikan lebih ramah lingkungan daripada mode konstruksi lainnya, dan karena faktor ini saja, baja ini lebih disukai. Mempertimbangkan tingkat konstruksi yang luar biasa, baja terbukti cukup menguntungkan. Dengan meningkatnya penggunaan baja dalam konstruksi, tidak ada keraguan bahwa itu akan mengambil alih seluruh bidang konstruksi dalam waktu dekat.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS