5 Tips Perawatan Genset

Genset adalah investasi bijak yang akan melindungi Anda dari pemadaman listrik di lingkungan Seattle Anda. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda tidak akan menggunakannya terlalu sering. Karena genset sering kali jarang digunakan, mudah untuk melupakannya dan perawatannya yang diperlukan. Namun, Anda perlu memeriksanya secara berkala. Berikut adalah lima tips perawatan genset untuk membantu Anda tetap mendapat informasi dan memastikan genset Anda selalu siap.

 

Mengapa Perawatan Itu Penting

Semua peralatan utama memerlukan perawatan rutin meskipun tidak digunakan secara teratur. Perawatan menjaga mesin dalam kondisi yang baik. Penting untuk diingat bahwa generator akan digunakan dalam situasi darurat. Jadi, itu tidak bisa mengecewakan Anda pada saat itu. Beberapa profesional industri suka menjalankan generator setiap tiga bulan sekali untuk memeriksa ulang apakah semua bagian masih beroperasi seperti yang diharapkan. Jika seorang profesional melihat sesuatu yang aneh, mereka dapat memperbaikinya atau menggantinya dengan unit genset bekas Jakarta.

Oleh karena itu, perawatan genset penting karena peralatan Anda harus dalam kondisi yang baik dan dipersiapkan dengan baik saat Anda sangat membutuhkannya.

 

  1. Persediaan Minyak dan Filter

Untuk menjaga genset tetap terawat, Anda disarankan untuk menyimpan oli dan filter. Jika Anda memiliki peralatan ini, Anda mungkin adalah seseorang yang suka mempersiapkan diri untuk situasi darurat. Orang-orang yang menikmati alam bebas atau memiliki pekerjaan di industri terkait tempat kerja juga cenderung memiliki genset. Mereka yang belum pernah menggunakan genset mungkin tidak mengetahui jumlah oli dan filter yang akan digunakan sistem ketika harus dijalankan terus menerus selama beberapa hari.

Jika listrik di lingkungan Anda padam, penyedia sering memberitahu pelanggan mereka berapa lama sebelum listrik menyala kembali. Dalam pemadaman yang diperkirakan hanya berlangsung beberapa jam, Anda tidak perlu menyalakan generator. Namun, pemadaman yang lebih serius yang disebabkan oleh badai atau bencana alam lainnya dapat berlangsung berhari-hari.

Generator membutuhkan penggantian oli pertamanya 25 jam setelah digunakan. Kemudian, setiap 50 hingga 60 jam penggunaan membutuhkan penggantian oli total. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah kehabisan oli dan filter saat Anda masih menjalankan generator. Logikanya menyatakan bahwa Anda bukan satu-satunya yang berlari ke toko mencari persediaan yang sama. Selain menghadapi kemungkinan orang banyak yang panik, Anda mungkin tiba di toko hanya untuk mengetahui bahwa persediaan sudah habis.

 

  1. Waspadai Stale Gas

Gas tak terpakai yang berada di generator akan menjadi basi. Jadi, Anda dianjurkan untuk segera mengubahnya setelah Anda selesai menggunakan peralatan tersebut. Gas kotor dan basi berakibat buruk pada peralatan. Ini dengan mudah menyebabkan masalah startup. Selanjutnya, Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki cukup bahan bakar yang disimpan dengan aman di properti Anda. Tidak disarankan untuk terburu-buru mengisi bensin selama pemadaman listrik. Selain itu, jika Anda mengizinkan generator berjalan dengan tangki kosong, Anda berisiko merusak peralatan.

Saat Anda mengisi ulang tangki bensin genset, jangan biarkan ada tumpahan saat peralatan sedang berjalan atau panas. Ini menimbulkan bahaya keamanan. Jika Anda harus mengisi ulang di malam hari, rekrut bantuan. Lebih mudah untuk melihat pada siang hari. Tuang juga lebih mudah jika Anda membeli wadah khusus dengan cerat tuang yang mudah.

 

  1. Jaga Peralatan Tetap Bersih

Untuk membersihkan generator, jangan gunakan mesin cuci listrik. Sebaliknya, gunakan udara untuk meniup kotoran, puing, dan debu. Degreaser dan lap sudah cukup setelah menggunakan udara. Cara ini membantu Anda membersihkan kotoran yang masih menempel di peralatan. Jangan karena tidak menjaga kebersihan peralatan, membuat Anda harus mengganti genset dengan genset baru atau genset bekas jakarta

 

  1. Penyimpanan yang Benar Itu Penting

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan genset adalah dengan menyimpannya dengan benar. Ini harus duduk di atas pelat beton setiap saat termasuk saat digunakan dan saat tidak. Pabrikan juga akan memiliki rekomendasi lain. Misalnya, mungkin lebih baik menyimpannya di tangki kosong. Toko menjual penutup pelindung yang mungkin Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Perhatian utama Anda adalah melindungi mesin. Jika Anda mengantisipasi tidak membutuhkan generator dalam 30 hari ke depan, pastikan baterai telah terisi penuh dan keluarkan. Kuras bahan bakar dari tangki dan float chamber karburator. Lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes minyak ke dalam lubang. Ini akan mencegah korosi pada lubang silinder. Tarik kenop recoil starter hingga tiga kenop. Sekarang, lihat generator lagi untuk memastikannya bersih.

Tempat di mana Anda memutuskan untuk menyimpan generator harus kering. Jalankan generator setiap dua hingga tiga bulan sekali. Ini dikenal sebagai “berolahraga” agar tetap bugar.

 

  1. Tes pada Interval Reguler

Jika Anda memiliki generator, Anda meluangkan waktu untuk merencanakan potensi bencana di masa depan. Namun, Anda harus menjaganya agar sistem Anda bermanfaat. Dalam pemadaman listrik, generator Anda akan memberi Anda akses ke daya sampai semuanya beres. Jika bencana cukup meluas, bisa jadi beberapa hari.

Semakin lama Anda pergi tanpa mengalami pemadaman listrik, semakin baik. Tapi Anda tetap harus merawat genset Anda. Anda didorong untuk mengujinya secara berkala. Hal ini memungkinkan peralatan untuk bekerja dan cairannya bergerak. Beberapa profesional industri merekomendasikan untuk menjalankannya selama 20 menit. Ini juga direkomendasikan oleh beberapa produsen. Cara terbaik untuk mengetahui apa yang direkomendasikan untuk generator Anda adalah dengan membaca materi yang disertakan dan sesuai.

Mengujinya memberi Anda kesempatan untuk memastikan bahwa itu masih beroperasi seperti yang diharapkan. Jika terdapat bau atau suara yang aneh, ini pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki atau diganti. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, hubungi profesional. Ini benar-benar kasus di mana lebih baik aman daripada menyesal.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS